Penyebab Masalah Laptop Komputer Menjadi Lambat

Laptop dan komputer yang kita jalankan terkadang tiba-tiba menjadi lambat atau lemot. Mulai dari proses menyalakan hingga menjalankan program semua menjadi sangat lambat. Masalah ini sangat mengganggu kegiatan dengan komputer atau laptop. Pekerjaan Anda juga harus tertunda karena laptop berjalan sangat lama. Maka dari itu, masalah ini tidak bisa disepelekan begitu saja. Jika dibiarkan, masalah laptop lambat akan merusak bagian dalam sistem dan semain parah. Sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi penyebab masalah laptop komputer lambat.

Penyebab yang paling sering terjadi adalah masalah RAM yang kecil. Setiap laptop atau komputer memiliki spesifikasi RAM masing-masing. Ada laptop dengan RAM yang besar tapi ada juga yang memiliki RAM kecil seperti pada laptop tipe lama. RAM yang kecil dengan jumlah program yang banyak membuat laptop menjadi sangat lambat. Cara termudah untuk mengatasinya adalah menambahkan RAM baru. Anda bisa membeli RAM tambahan untuk dipasang di laptop sehingga kerja laptop menjadi lebih cepat. Harganya memang cukup mahal, tapi sepadan dengan hasilnya yang memuaskan. Penyebab selanjutnya adalah karena laptop menyala terlalu lama. Beberapa orang yang menggunakan laptop atau komputer untuk di rumah saja pasti jarang mematikannya. Laptop yang dibiarkan menyala selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan lama kelamaan akan semakin melambat kerja sistemnya. Laptop dan komputer membutuhkan istirahat sebentar. Jadi matikan laptop atau komputer Anda jika sudah tidak digunakan lagi.

Penyebab lainnya adalah virus yang menyerang. Virus adalah musuh utama bagi pemilik komputer karena dapat merusak seluruh sistem komputer hingga permanen. Jika virus sudah menyerang maka tidak ada pilihan lain kecuali menginstal anti virus atau menginstal ulang komputer Anda. Komputer yang terserang virus pasti akan bekerja lebih lambat dari biasanya. Selain itu, sering juga terjadi eror pada komputer karena infeksi virus ini. Penyebab terkahir adalah program yang berat sehingga tidak sesuai spesifikasi komputer. Setiap program memiliki spesifikasi tersendiri, seperti syarat storage kosong atau besarnya RAM yang jika tidak sesuai membuat komputer lambat. Anda harus memperhatikan sebab-sebab ini untuk menghindar komputer dan laptop yang lemot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *