Apa saja manfaat dari memiliki asuransi kesehatan?

Apakah Anda mendapatkan semua yang dapat Anda keluarkan dari rencana asuransi kesehatan Anda? Cobalah kiat ahli ini untuk memastikan Anda memaksimalkan setiap manfaat yang tersedia untuk Anda.

Asuransi kesehatan Anda dapat membantu Anda mempertahankan biaya perawatan kesehatan Anda. Tetapi banyak keluarga mungkin tidak memaksimalkan manfaat yang diberikan oleh asuransi mereka  dan dapat membayar lebih banyak daripada yang mereka butuhkan untuk perawatan kesehatan. Inilah cara untuk memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari polis asuransi kesehatan Anda.

Seperti asuransi mobil dan asuransi perjalanan, ada beberapa jenis asuransi kesehatan yang dibedakan berdasarkan beberapa kriteria, yang antara lain berdasarkan:

1.Jenis Perawatan

  • Asuransi kesehatan rawat inap (rawat inap):
  • Asuransi kesehatan yang membayar untuk perawatan yang mengharuskan pasien untuk tinggal (rawat inap) di kamar rumah sakit.
  • Perawatan rawat jalan: Asuransi kesehatan rawat jalan
  • Asuransi kesehatan yang membiayai perawatan pasien dalam bentuk layanan medis seperti observasi, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, dan layanan kesehatan lainnya yang tidak mengharuskan pasien untuk tinggal (rawat inap) di rumah sakit.

2.Partisipasi:

-Wajib:

Pembelian dan pembayaran asuransi untuk setiap individu bersifat wajib dan mengikuti aturan tertentu seperti karyawan yang harus membeli polis asuransi sesuai dengan peraturan di perusahaan atau organisasi tempat dia bekerja.

-Sukarelawan:

Pembelian dan pembayaran asuransi untuk setiap individu dilakukan secara bebas, yang berarti bahwa mereka sesuai dengan keinginan dan kebutuhan individu tanpa terikat oleh aturan perusahaan atau organisasi.

3.Biaya yang ditanggung:

-Total Tanggungan:

Jenis Asuransi Kesehatan di mana semua biaya perawatan pelanggan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi baik layanan rawat inap maupun rawat jalan, yang jumlahnya sesuai dengan polis asuransi.

-Hanya Tanggungan Tinggi:

Jenis Asuransi Kesehatan di mana perusahaan asuransi hanya akan menanggung biaya yang relatif besar dan tidak akan menutupi biaya perawatan rawat jalan seperti pemeriksaan, diagnosa, obat-obatan, dll.

4.Pihak yang Ditanggung:

-Pribadi:

Perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan kepada satu individu saja (pribadi) sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam polis asuransi.

-Kelompok:

Perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan kepada kelompok tertentu (anggota perusahaan atau keluarga) pada usia yang sama dengan syarat dan ketentuan kebijakan (biasanya dihitung berdasarkan jumlah karyawan atau anggota keluarga yang diasuransikan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *